Analisis Kelayakan Bisnis

Nama : Muhamad Tafaurriza

NIM   : 09026024

Sastra Inggris

 

Analisis Kelayakan Bisnis

 

Dari analisis SWOT dari diri saya, saya memang cenderung pada usaha yang berkaitan dengan nilai komersial. Dari pengalaman saya sejak kecil serta cita-cita dan motivasi dari beberapa aspek usaha, saya tertarik pada bisnis. Beberapa waktu saya melihat program di televise, saya melihat beberapa contoh usahawan yang membuka usaha dari awal yang dia tekuni dan menjadi usaha yang dapat memperoleh keuntungan hingga ratusan juta dalam sebulan. Sebagai contoh usaha makanan yang sangat popular saat ini juga menginspirasi saya. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang menguntungkan dan tidak ada habisnya. Dapat dilihat bahwa bisnis kuliner sekarang ini ada berbagai macam dan dapat dijumpai di berbagai penjuru kota.

Pada awalnya saya masih SD hingga SMP memiliki keinginan untuk membuka bisnis kecil membuka toko mainan. Karena memang dari awal saya menyukai mainan. Namun setelah menginjak SMA keinginan saya pun berubah dan ingin membuka bisnis kuliner. Bisnis kuliner yang ingin saya coba adalah makanan yang bercita rasa pedas. Memang pada saat ini makanan-makanan pedas sangat digemari dan telah banyak yang membuka usaha yang sama. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa usaha ini akan sangat sukses. Dari cita rasa pedas sendiri dapat dirasakan bahwa rasa pedas justru membuat cita rasa dari sebuah makanan menjadi meningkat. Rasa pedas akan menghindarkan seseorang pada rasa bosan. Oleh karena itu saya mempunyai keinginanan membuka kuliner pedas yang berciri khas telur dan juga sayuran. Karena dari kecil saya sangat menyukai telur. Dan sayuran dengan harapan mendorong costumer untuk membeli makanan yang sehat. Perpaduan antara cita rasa dari telur ayam kampung yang gurih dan dipadukan dengan sayuran sehat serta cita rasa sambal yang dapat member sensasi rasa pada perpaduan ketiganya.

Dilihat dari persaingan bisnis kuliner pada masa ini memang sangatlah ketat, oleh karena itu dalam aspek pemasaran saya tetap optimis untuk dapat menembus rating tinggi dalam pemasaran yang akan saya tembus dengan metode pemasaran yang menarik dari segi tempat pemasaran tetap maupun pemberian sampel pada tahap awal. Karena pemberian sampel dapat mengundang costumer untuk mencoba dan diharapkan dapat menarik pembeli dalam tahap awal ini. Dari sumber daya manusia, saya memang pada awalnya hanya akan membuka bisnis dengan bekerja sama dengan anggota keluarga, teman dan juga saudara saya. Tahap ini memerlukan kerja sama tim yang solid dan juga kepercayaan pada tim. Oleh karena itu saya lebih memilih keluarga, teman dan saudara. Keluarga saya sendiri yang memang dari masa kakek saya adalah seorang pedagang menjadikan basic skill keluarga saya adalah berdagang. Pada tahap penggerakan bisnisnya memang akan dicoba dengan membuat sampel terlebih dahulu untuk melihat selera dari penikmat kuliner sendiri. Dan apabila sudah terlihat bahwa respon dari masyarakat sangat baik, maka akan dimulai dengan membuka warung kecil. Dari segi keuangan saya mentargetkan dengan menggunakan modal yang tidak terlalu banyak karena pada tahap awal hanya akan menggunakan metode sampel.

Bisnis ini saya harapkan dapat segera terealisasi dan saya berharap dapat menjadi seorang usahawan sukses yang tidak hanya mencari keuntungan semata namun juga sukses dalam membuka uasaha yang memiliki manfaat untuk orang lain. Terima Kasih ^^

Tinggalkan Balasan

