Judul Kewirausahaan Saya ( Tugas ke-3 )

Warung Cemilan “ Go Nature “

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kuliner adalah usaha yang selalu diminati usahawan-usahawan. Dilihat dari kecenderungan masyarakat yang selalu menginkan produk makanan baru maupun suasana yang baru akan membuat para usahawan membuat trik jitu dalam hal pemasaran produk baru maupun inovasi dalam pengolahan tempat wisata kuliner. Para pecandu kuliner ini tidak akan segan-segan mendatangi tempat-tempat kuliner baru dan terkenal dalam hal cita rasa maupun situasi tempat yang sangat mendukung saat bersantai bersama keluarga.

Sebagian besar kuliner hanya mengandalkan makanan saja tanpa ada pemandangan yang menambah selera makan dari para customer. Namun ada pula yang terlalu mementingkan tampilan dari pada cita rasa makanan yang lebih membuat customer enggan untuk singgah.

Melihat dari hal terpercik sebuah ide untuk membuat sebuah tempat makan yang tidak hanya berisikan makanan yang hanya bertujuan mengenyangkan tapi juga tersedia cemilan-cemilan yang bertujuan memberikan kesan santai pada para pengunjung. Kebanyakan tempat makan hanya berisikan makanan yang berupa nasi dan tambahannya saja padahal tidak semua pengunjung dating ke tempat makan hanya untuk makan nasi. Maka dari itu usaha yang akan saya rintis adalah warung cemilan yang berisikan berbagai macam cemilan yang dapat menjadi teman santai saat istirahat. Saat perut tidak terasa lapar akan menjadi santapan ringan sebelum nasi. Warung Cemilan “ Go Nature “ adalah sebuah konsep tempat makan yang berisikan menu utama cemilan yang pas buat bersantai seperti keripik pedas, kerupuk pedas, dan berbagai macam olahan cermilan dari sayur dan juga seafood.

Selain dari variasi cemilan, WarCem “ Go Nature “ menyediakan sebuah taman yang dihiasi pepohonan rindang serta  kolam ikan yang akan membuat suasana pengunjung menjadi nyaman dan betah berlama-lama di WarCem. Tempat ini juga memberikan suasana dekorasi alam yang tidak hanya dalam tempat santai namun meliputi seluruh fasilitas seperti kamar mandi, mushola, maupun kasir agar memberikan suasana yang full.

Alasan Pemilihan :

Melihat dari perkembangan jaman, produk makanan adalah celah yang paling diminati sebagian besar masyarakat Indonesia. Disamping makanan dapat di variasi sedemikian rupa, makanan yang unik atau bercita rasa khas akan menarik wisatawan local maupun luar  negeri. Selain itu bentuk pemilihan lokasi maupun setting yang tepat akan sangat mendukung dari misi warung cemilan saya yang benuansa alam.

Kelebihan :

Selain menguntungkan dalam hal bisnis. Hal ini juga akan memberikan variasi makanan dan juga tempat peristirahatan saat berwisata. Kelebihan yang lain adalah pemilihan makanan yang tidak harus nasi tapi dapat diganti dengan cemilan ringan.

Kelemahan:

Dalam hal pemasaran akan sedikit susah karena belum memiliki nama di masyarakat dan akan susah bersaing dengan warung makan yang terkenal. Modal yang digunakan dalam pembuatannya akan relative mahal karena harus mengubah beberapa tempat menjadi konsep alam. Pemilihan lokasi yang sesuai juga menjadi kendala karena lahan yang bernuansa alam terkadang memiliki letak geografis yang kurang strategis untuk pemasaran.

Saya berharap rencana saya ini dapat terealisasi secepatnya dan  beberapa halangan diharapkan tidak akan menghambat saya dalam berusaha. Trima Kasih

Nama : Muhamad Tafaurriza

NIM    : 09026024

Sastra Inggris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s